Solusi bagi suami yang memiliki istri yang suka berhutang


Istri tukang ngutang, memang ini problem yang unik. Tapi yang dialami oleh Rudy bukan hanya soal utang, yang ia sendiri bingung bagaimana melunasinya, tapi juga soal kecanduan sang istri kepada Narkoba. Memang kondisi kecanduannya tidak terlalu berat. Artinya, untuk menghentikannya tidak perlu harus dikirim ke panti rehabilitasi. Melly sang istri, menurut perkiraan Rudy, masih bisa disembuhkan jika ditangani secara keras dan disiplin. Rudy sendiri masih bimbang, apakah ia mampu untuk menangani kasus istrinya ini sendiri (dan dibantu oleh keluarganya).

Kondisi berubah menjadi tidak kondusif karena rata-rata orang yang dimintai pendapat menyarankan Rudy untuk menceraikan Melly. Namun kecintaan Rudy yang besar kepada Melly membuat setiap nasihat yang berbau cerai ia abaikan. Malah Rudy kadang berpikiran jelek, mungkin orang-orang menasihatinya untuk menceraikan Melly agar mereka bisa kemudian mengawini Melly.

Nasihat yang masuk rata-rata berbunyi, ”Susah Rud, kalau sudah kecanduan Narkoba.” Atau ”Kalaupun sudah kau sembuhkan, hobinya yang suka ngutang belum tentu sembuh lho.” Atau ”Sudahlah, pragmatis aja. Kau kembalikan ia ke orang tuanya. Toh, orang tuanya masih bekerja,” dan sebagainya. Rudy tidak menghiraukan nasihat-nasihat itu.

Bagaimana pun, mempertahankan pernikahan itu lebih baik daripada bercerai, asal tidak memendam masalah yang prinsip. Rudy sebaiknya tetap mempertahankan pernikahannya dengan cara ia harus tegas dan disiplin menghadapi istrinya. Rasa sayang tidak selalu harus diimplikasikan dengan cara lemah lembut. Keras dan tegas tidak berarti tidak sayang. Tapi justru untuk kebaikan istrinya ia harus melakukan hal itu.

Rudy seyogianya bisa mengonsentrasikan sebagian besar waktunya kepada sang istri. Melly sebaiknya tidak diberikan akses kartu kredit dan sering diberikan pendampingan. Untuk itu ia harus meminta izin kepada atasan untuk tidak banyak meninggalkan kota dalam keperluan dinas. Selain itu, nasihat yang mengkaitkan perbuatan manusia dengan siksa dan pahala harus lebih sering diberikan. Sang istri harus disadarkan bahwa perbuatannya mengonsumsi barang haram tersebut akan membuat api neraka menyiksanya kelak. Kemudian disampaikan juga aturan Islam mengenai utang-mengutang dalam keluarga di mana seorang istri tidak boleh berutang tanpa izin suaminya. Jika hal itu dilakukan berarti termasuk perbuatan durhaka.

Insya Allah, jika dilakukan dengan penuh keikhlasan Melly akan kembali menjadi wanita yang baik. Menjadi seorang Muslimah yang tidak saja cantik, tetapi salihah. Rudy pun harus lebih memperhatikan masalah agama di keluarganya. Semuanya bisa terjadi jika ada komitmen bersama mulai dari Rudy, Melly, dan juga kelak anak-anaknya. Komitmen tersebut adalah keinginan kuat untuk membangun rumah tangga mereka yang didasarkan oleh nilai-nilai keimanan dan akhlakul karimah.

Reader Comments



Diberdayakan oleh Blogger.