Istri kebanggaan senang berhutang, haruskah suami memilih bercerai?


ejadian ini sebetulnya sudah berlangsung selama 10 tahun pernikahannya. Rudy, bukan nama aslinya, sebenarnya pada awal pernikahan sudah diingatkan oleh atasannya di kantor. Waktu itu usia pernikahannya baru 1-2 tahun. Rudy waktu itu sedang bahagia-bahagianya berumah tangga. Jadi, seakan-akan nasihat atasannya yang sudah makan banyak asam garam kehidupan tersebut tidak begitu dihiraukan.

Ya. Waktu itu pernikahan Rudy dan Melly sangat meriah. Berbagai pujian dari rekan-rekan kantornya diterima Rudy. Pasalnya, Melly adalah gadis yang cantik, bahkan sangat cantik. Setiap orang yang memberikan selamat atau bertemu mereka berdua, komentar pertama yang diterima di telinga Rudy secara bisik-bisik, baik pria atau wanita, semuanya mengatakan, ”Selamat ya Rud, istrimu benar-benar cantik.”

Saat berjalan bergandengan bersama, Rudy selalu bangga karena banyak orang berdecak kagum akan kecantikan istrinya itu. Rudy pun menikmatinya. Menikmati kecantikan istrinya dan menikmati orang mengagumi istrinya yang cantik. Hanya saja, memang kehidupan tidak selalu berjalan dengan mulus.

Setelah beberapa bulan hidup bersama dengan sang istri terkasih, Rudy mulai menyadari bahwa istrinya itu gemar berutang. Mula-mula dari keluarganya ia mengetahui bahwa istrinya punya utang kepada beberapa saudaranya. Bahkan, waktu selesai pernikahan ada saja saudaranya yang tega menagihnya di moment indah tersebut. Barangkali mungkin sudah lama tidak dibayar. Tapi waktu itu Rudy tidak memedulikannya.

Selain cantik, istri Rudy juga orangnya mudah akrab dengan orang lain. Termasuk keluarga Rudy yang menjadi keluarga barunya. Keakrabannya ternyata berbuah utang. Ia mulai mengutang kepada saudara Rudy yang memang sudah akrab dengannnya.

Yang paling jelas utang kartu kredit. Hal inilah yang mengganggu Rudy. Rudy memang memiliki kartu kredit beberapa buah. Tapi sejak mulai pertama bekerja dan mempunyai kartu kredit dirinya tidak pernah punya utang dengan kartu kredit tersebut. Ia selalu melunasinya setiap akhir bulan. Tapi kartu kredit istrinya lebih banyak dari kartunya dan tentu, jumlah utangnya juga lebih banyak.

Istri Rudy sendiri tidak bekerja. Jadi praktis ia mendapatkan uang dari nafkah suaminya. Terasa mempunyai kebiasaan yang aneh, Rudy curhat ke atasannya. Memang sang atasan tidak serta merta menyuruh Rudy untuk menceraikan istrinya. Hanya saja ia memperingatkan bahwa kebiasaan istrinya itu bisa berakibat buruk bahkan fatal. Banyak contoh yang sudah terjadi. Sang atasan waktu itu mewanti-wanti agar Rudy segera dapat menyelesaikan persoalannya. Tak lupa ia berpesan agar menyelidiki, sebenarnya uang utang itu buat apa? Apa pendapatan suaminya yang termasuk manager senior di sebuah perusahaan besar tersebut kurang?

Hanya saja, kecintaan dan kesayangannya terhadap istri membuat dirinya tidak mampu tegas. Sang istri dibiarkannya terus berutang. Ia juga tidak enak menanyakan untuk apa ia berutang. Akhirnya dibiarkan saja peristiwa itu berlangsung tanpa ada apa-apa. Sepanjang tidak membikin masalah, pikir Rudy, biarkan saja. Memang untuk kartu kredit tidak pernah ada debt collector karena sang istri selalu membayar meskipun hanya minimum payment.

Dan benar. Akhirnya setelah 10 tahun pernikahan peristiwa itu dapat terungkap. Istrinya ternyata seorang pecandu narkotika jenis sabu-sabu. Sungguh hebat. Selama 10 tahun lebih ia dapat menyembunyikan kebiasaan ini dari suami yang sehari-hari tinggal bersamanya. Memang Rudy sering meninggalkannya dinas luar karena bisnisnya ada di beberapa tempat di pelosok tanah air. Setelah Rudy mengetahui semuanya, ia bingung. Ia hanya bisa menyesal dan menyampaikan rasa penyesalan kepada atasannya yang sudah pensiun tersebut. ”Benar perkataan Bapak kira-kira 10 tahun lalu, Pak. Saya seharusnya menghentikan utang-utang istri dan menyelidiki untuk apa uang tersebut.” Sekarang nasi sudah menjadi bubur. Apakah ia harus menceraikan istrinya atau berusaha menyembuhkannya? Seperti kita tahu, setelah 10 tahun pernikahan tentu rasa pada saat awal pernikahan dengan tahun ke-10 pasti beda. Ia sekarang sudah sangat beremosi dan marah kepada istrinya. Haruskah ia bercerai?

Reader Comments

Pachinko - Casinos Near Me - MapYRO
With over 경상북도 출장샵 2,600 slot machines to choose from, and more 경주 출장마사지 than 600 of 바카라 사이트 유니벳 them, there 동해 출장마사지 are dozens of places 광주 출장안마 to play the games that cater to all your



Diberdayakan oleh Blogger.